Tim Gabungan Gagalkan Sabu Senilai Rp10 Miliar

example banner

KALTIM (MANDIRI CYBER) -Penyelundupan 10 kg sabu asal Malaysia senilai Rp.15 miliar berhasil digagalkan Tim gabungan Satreskoba Polresta Samarinda dan Polsek Sungai Pinang.

Bersama barang bukti sabu, dua (2) orang kurir warga Sulsel, Asgar Suyuti (40) dan Affandy Nurdin (45) turut diamankan para petugas.

Aksi penangkapan barang terlarang dan dua kurir itu terjadi Selasa (24/03/2020) malam, usai sebelumnya tim gabungan mendapat informasi adanya penyelundupan sabu dari utara Kaltim.

Kapolresta Samarinda, Kombes Pol Arif Budiman, saat memaparkan kedua tersangka beserta barang bukti 10 kg sabu di Mako, Kamis (26/03/2020) mengatakan,”Tim lidik hentikan mobil Daihatsu Terios masuk di Jalan poros wilayah Samarinda Utara. Seisi mobil lalu digeledah hingga ke bagasi belakang. Polisi menemukan 10 bungkus minuman teh Malaysia atau di total seberat 10 kg, yang ternyata berisi sabu,” ucap perwira melati tiga.

Dia menambahkan, pihaknya juga berhasil menangkap dua orang kurir barang terlarang tersebut.

“Selain barang bukti, dua terduga kurir juga diboyong dari dalam mobil inisial AS dan AN, keduanya warga Sulawesi Selatan. Dari hasil introgasi keduanya, sabu diambil di Berau setelah dikirim dari Malaysia. Tujuan pengiriman ke Kaltim, khususnya Balikpapan,” papar Kombes Pol Arif.

Kedua terduga kurir menggunakan mobil sewaan untuk membawa sabu tersebut sampai ke Balikpapan.

“Mereka ini pemain baru, dijanji upah Rp10 juta. Hanya untuk sampai di Balikpapan dan diedarkan di Balikpapan,” sebut Arif.

Kedua tersangka dikenakan UU No 35/2009 tentang Narkotika, dengan ancaman penjara seumur hidup,” tegas Arif.

Menurut pengakuan tersangka Asgar, ia akan diberi upah untuk menyelundupkan barang haram itu. “Dijanjikan Rp10 juta, belum dikasih. Saya ambil barang ini di jalan di Berau. Barang katanya dari Tawau,” kata Asgar.

(Kaltim/MC, Admin)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!