TNI-Polri Bersama Dinkes Keliling Kota Imbau Masyarakat Cegah Covid-19

example banner

NTT (MANDIRI CYBER) – Sebagai langkah antisipasi dan pencegahan virus covid-19, TNI-Polri bersama Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai Barat (Mabar) di Manggarai Barat berkeliling Kota dengan menggunakan kendaraan roda empat dan roda dua lengkap dengan pengeras suara ke pasar, permukiman warga dan tempat umum lainnya untuk memberikan himbauan pencegahan virus Corona.

Anggota TNI-Polri bersama Dinkes memberikan imbauan-imbauan kepada masyarakat agar bekerja sama untuk sama-sama mengantisipasi mencegah penyebaran Covid-19 yang saat ini mewabah luas. Adapun isi himbauan sebagai berikut.

Bersama kita cegah penyebaran Corona (Covid-19):

1. Jaga kebersihan dan kesehatan dengan cara :

• Cuci Tangan gunakan sabun dan air mengalir atau hand sanitizer.

• Jangan sentuh mata, hidung dan mulut dengan tangan yang belum dicuci.

• Saat sakit gunakan masker.

• Saat batuk dan bersin tutup mulut dan hidung dengan tisu atau lengan atas bagian dalam dan Segera buang tisu ke tempat sampah tertutup.

• Bersihkan secara rutin permukaan benda yang sering disentuh dengan cairan pembersih (desinfektan).

• Segera mandi dan ganti baju saat sampai di rumah.

• Makan makanan bergizi dan minum air putih minimal 8 gelas/hari, tidak merokok, Makan makanan yang dimasak dengan sempurna dan jangan makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan, istirahat yang cukup, dan rajin berolahraga.

2. Jaga jarak sosial dengan cara :

• Tinggal di rumah saat sakit

• Jauhi keramaian dan tempat umum

• Jangan berpergian kedaerah lain jika tidak mendesak

• Hindari kontak fisik jika bertemu dengan orang lain

• Jaga jarak  minimal 1 (satu) meter dengan orang lain jika terpaksa berada dalam antrian atau kerumunan.

3. Jika mengalami demam, batuk, dan sulit bernafas, segera ke fasilitas kesehatan

4. JANGAN LUPA BERDOA.

Selain itu masyarakat diimbau jangan panik dan kalap apabila ada indikasi terjangkit Covid-19, agar segera mengonfirmasi ke petugas kesehatan terdekat sehingga mendapat informasi yang jelas dan jangan mudah percaya informasi yang tidak jelas sumbernya.

“Kurangi kegiatan di luar rumah yang tidak perlu, kurangi kontak dengan orang lain dalam bentuk kumpul keramaian yang lebih dari 30 orang, dan yang tidak kalah penting dalam imbauan yang disampaikan, agar tetap selalu berikhtiar dan berdoa agar kita selalu diberikan kekuatan dalam upaya mengantisipasi ujian wabah virus Covid -19,” kata Kapolres Mabar, AKBP Handoyo Santoso, S.I.K., M.Si., Sabtu (21/03/2020).

Perwira melati dua ini juga mengimbau agar masyarakat dapat mengikuti seluruh kebijakan Pemerintah dalam memerangi penyebaran virus corona dan mengimbau kepada masyarakat agar tetap tenang dalam menghadapi penyebaran virus Corona.

Lanjut Kapolres, dalam hal memberikan informasi imbauan agar masyarakat tenang tidak panik, pemerintah daerah bersama TNI dan Polri bersinergi untuk masyarakat Manggarai Barat bersama Kita memerangi penyebaran virus Corona.

“Jajaran TNI dan Polri melalui Babinsa dan Bhabinkamtibmas melakukan imbauan kepada warga agar tetap tenang. Kami juga merangkul masyarakat agar bekerjasama dalam mencegah corona, tentunya masyarakat harus tetap tenang, Pemerintah Daerah, TNI-Polri akan berada di tengah masyarakat dalam situasi apa pun,” jelas AKBP Handoyo.

(NTT/MC, Admin)

Loading...

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!